Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Kata Kunci:
Penelitian Tindakan Kelas, Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Semua kemajuan merupakan hasil dari penelitian, baik itu formal dan informal. Peneltian dimulai dengan pertanyaan dan keraguan, keraguan seringkali lebih baikdaripada terlalu percaya diri. Karena dapat mendorong kota untuk meneliti atau melakukan penelitian. Ada banyak penemuan dalam sebuah penelitian diantaranya yaitu Penelitian tindakan kelas (PTK). PTK sangat perlu dilakukan untuk menemukan permasalahan-permasalahan yang ada di dalam kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan sebuah studi praktis yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran di dalam ruang kelas. Penelitian ini dilakukan oleh para guru atau praktisi dengan melibatkan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (library research). Mengumpulkan data dari sumber pustaka, yang meliputi sumber primer dan sekunder. Pada dasarnya analisis yang mempelajari teks secara mendalam. Penelitian tindakan dikembangkan untuk mencari solusi atas masalah-masalah yang muncul. Hasil dari penelitian ini akan menjadi acuan untuk mengatasi suatu masalah. Dalam penelitian tindakan kelas guru atau peneliti dapat memeriksa atau meneliti sendiri peraktik belajarnya, melakukan penelitian tanpa mengganggu keefektifan kegiatan belajar mengajar menjadi tantangan yang harus dilalui oleh seorang peneliti atau guru.
Article Metrics
Unduhan
Referensi
Aqib, Z. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Ypramawidya.
Arikunto, S. (2006). Penelitian tindakan kelas: Bumi Aksara.
Darmalaksana, W., Alawiah, N., Thoyib, E. H., Sadi’ah, S., & Ismail, E. (2019). Analisis Perkembangan Penelitian Living Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Perspektif, 3(2), 134. https://doi.org/10.15575/jp.v3i2.49
Madya, S. (2009). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Milya, S., dan Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6 (1), 41-53.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Suwandi, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suyanto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Refleksi Pengajaran. Malang: UNM Program Pascasarjana Prodi Bahasa.
Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Wijaya, C., & Syahrum. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Ciptapustaka Media Perintis.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Kategori
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fania Aftisya Nasution, Alfiani Arika, Rehana Khalidaziyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.