Urgensi Hadis Dalam Dunia Pendidikan Islam
Kata Kunci:
Urgensi Hadis, Pendidikan Islam, Hadis dalam Pendidikan IslamAbstrak
Dalam pendidikan Islam yang menjadi landasan rujukan utama yaitu Al-Qur’an dan yang kedua adalah hadis. Namun pada pembahasan kali ini penulsi akan terfokus pada hadis karena kadang hadis sering dilupakan sebagi fondasi dalam sistem pendidikan Islam. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk membahas tentang hadis dan urgensi hadis terhadap pendidikan Islam. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif, menggunakan teknik library research atau studi pustaka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengidentifikasi sumber yang berkitan dengan hadis dan urgensi hadis terhadap pendidikan Islam, lalu melakukan pengkajian terhadap sumber yang didapati, dan yang terakhir menyajikan hasil yang berkaitan dengan penelitian secara deskriptif. Adapun hasil dari penulisan ini yaitu bahwa hadis sangat mempunyai peran penting bagi pendidikan islam karna untuk menciptakan pendidikan yang sesuai Islam maka haruslah bermuara pada Hadis. Tanpa ada hadis sebagai pendamping Al-Qur’an, maka pendidikan pada Islam tidak akan sempurna. Dengan demikian pendidikan dapat dikatakan sebagai pendidikan yang Islami sebab bersumber dari Al-Quran dan Hadis.
Article Metrics
Unduhan
Referensi
Al Am, M. R. (2020). Hadist Ditinjau Dari Kualitas Sanad Dalam Proses Istimbath Hukum. SAMAWAT: JOURNAL OF HADITH AND QURANIC STUDIES, 3(2).
Ali, M., & Himmawan, D. (2019). Peran Hadits Sebagai Sumber Ajaran Agama, Dalil-Dalil Kehujjahan Hadits Dan Fungsi Hadits Terhadap Alquran. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 125–132.
Alif, M. (2010). ḤADĪṠ DITINJAU DARI KUANTITAS SANAD. Jurnal Asy-Syifa, 1, 34–50.
Asari, H. (2020). Hadis-Hadis Pendidikan sebuah penelusuran akar-akar ilmu pendidikan Islam. Perdana Publishing. http://repository.uinsu.ac.id/10384/1/2020%20Hadis-Hadis%20Pendidikan-ed.pdf
Badrus, N. C., & Nabiel, M. (2020). CORAK HADIS ETIMOLOGI TERMINOLOGI DALAM MEMAHAMI STRUKTUR PENYUSUNAN HADIS. SAMAWAT: JOURNAL OF HADITH AND QURANIC STUDIES, 4(2).
Budiyanto, B. (2020). Sikap Ilmiah Terhadap Urgensi Hadis Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur’an Dan Hadist, 3(1), 34–46.
Channa AW, L. (2020). Studi Hadis. Kanzum Books.
Darussamin, Z. (2020). Kuliah Ilmu Hadis I. Kalimedia. http://repository.uin-suska.ac.id/31106/1/ilmu%20hadis.pdf
Daulay, I. H. (2023). Hadis Dan Urgensinya Dalam Pendidikan. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 271–282.
Edy, R. N. (2014). As-Sunnah (Hadits)(Suatu Kajian Aliran Ingkar Sunnah). ASAS, 6(2).
Fauziah, G. E. (2019). CORAK HADIS ETIMOLOGI TERMINOLOGI DALAM MEMAHAMI STRUKTUR PENYUSUNAN HADIS.
Huljannah, M., & Kanus, O. (2023). Metode-Metode Pembelajaran Rasullullah SAW Dalam Kitab Hadis Tarbawi. An-Nuha, 3(4), 493–507.
Khon, A. M. (2012). Ulumul hadis. Amzah. ht
Malik, M., & Bunganegara, M. H. (2022). Tinjauan Pemahaman Hadis Dan Sunnah (Aspek Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis). Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 24(2).
Nazlianto, R., & Lc, M. A. (2018). ḤADĪTS ZAMAN RASULULAH SAW DAN TATACARA PERIWAYATANNYA OLEH SAHABAT. Al-Mursalah, 2(2).
Sholeh, M. J. (2022). Telaah Pemetaan Hadis Berdasarkan Kuantitas Sanad. Bayan Lin-Naas: Jurnal Dakwah Islam, 6(1), 33–50.
Siddik, H., & Satir, M. (2019). PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HADIS: SUATU ANALISIS KRITIK BERDASARKAN METODE MAUDU’I. Transformasi: Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 3(1), 1–26.
Utrianto, U. (2022). Klasifikasi Hadis Ditinjau Dari Segi Kuantitas Dan Kualitas Sanad. GHIROH, 1(2).
Zahro, D. F., & Fatoni, M. (2023). MEMAHAMI HADITS DITINJAU DARI SEGI KUANTITAS SANAD “Kajian Deskriptif Kualitatif Tentang Hadits Mutawatir dan Ahad”. Jurnal Studi Ilmu Quran Dan Hadis (SIQAH), 2(2), 181–189.
Zuhri, A., Zahara, F., & Marpaung, W. (2014). Ulumul Hadis. Medan: CV Manjadji
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Juwi Chahnia, Zulheldi Zulheldi, Duski Samad
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.