Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Al-Hikmah Marihat Bandar
Kata Kunci:
Make A Match, IPS, Kartu BergambarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan model Make A Match dengan media kartu bergambar. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Al- Hikmah Marihat Bandar Penelitian ini menggunakan dua siklus masing-masing yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen pada kondisi awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan ekonomi bagi siswa kelas IV SD Al- Hikmah Marihat Bandar. Dalam kondisi awal hanya mencapai 51%, maka pada siklus pertama meningkat menjadi 90% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru sosial untuk mencoba menggunakan model Make A Match dengan media kartu gambar di kelas IV sampai meningkatkan hasil belajar siswa.
Article Metrics
Unduhan
Referensi
Anggarawati, I. Gusti Ayu Ary, MG Rini Kristiantari, and I. GA Agung Sri Asri. "Pengaruh Make a match Berbantuan Media Kartu Gambar terhadap Hasil Belajar IPS SD." MIMBAR PGSD Undiksha 2.1 (2014)
Aqib. Z,. Diniati, E. Jaiyaroh, S. & Khotimal, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: CV. Yrama Widya
Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djumiati. 2010. Model Pembelajaran Make a Match. Jurnal Kependidikan Dasar. Vol 1 No.2
Febriana, Ayu. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang (Application Of Cooperative Learning Model Type Make A Match To Enchace Quality Of Learning Social." Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar 1.2 (2011).
Hamalik, O. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Huss, John A (2006). “Gifted Education And Cooperative Learning: A Miss Or A Match”. ProQuest Journal Vol 29 No.4.
Mawardi, M. (2018). Designing the Implementation of Model and Instructional Media. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 26-40.
Mulyantiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Nurfaidah (2011). “Mengoptimalkan keaktif-an siswa dalam pembelajaran sejarah melalui cooperative learning dengan model make a match: penelitian tindakan kelas di SMA Negeri 4 Palu”. Jurnal PTK DBE, vol.1 tahun 2011.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Kategori
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 fitri suriyani saragih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.