Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Rizki Azzikri STAI UISU Pematangsiantar
  • Ronauli Yanti Ritongah STAI UISU Pematangsiantar
  • Putri Indah Wulan Sari STAI UISU Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.1342/tarbiyah.v1i2.38

Keywords:

Kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar, Lingkungan belajar terhadap prestasi belajar, Dukungan orangtua terhadap prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebiasaan belajar, lingkungan belajar, dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Sidamanik 2022/ 2023. Populasi sebanyak 120 siswa, sampel yang digunakan 98 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, teknik analisis data adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa; ada pengaruh signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa; ada pengaruh signifikan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa; ada pengaruh signifikan secara bersama-sama variabel kebiasaan belajar, lingkungan belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa.

Article Metrics

Abstract Views: 116
File Views: 259

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdikbud, 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendiikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.

Depdiknas, 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djaali, 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah, 2001. Diktat Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Iqbal, Hasan, 2006. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Novita, Widya, 2007. Serba Serbi Anak (yang perlu diketahui seputar anak dari dalam kandungan hingga masa sekolah tinjauan psikologi dan kedokteran). Jakarta; PT. Elex Media Komputindo

Hamalik, Oemar, 2005. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar.Bandung: Tarsito.

Prayitno, 2009. Dasar teori dan praksis pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Purwanto, Ngalim M., 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Saroni, Mohammad, 2006. Manajemen Sekolah, Kiat Menjadi Pendidik Yang Kompeten.

Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT. Rineka Cipta

Soekirno, Sadono, 2002. Pengantar Teori Mikro Ekonomi Edisi ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana, 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Raja Gravindo Persada

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung :Alfabeta

Suwarso, Wiji, 2006. Dasar–Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tu’u, Tulus, 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Undang-Undang RI no. 20. Tahun 2003. 2006. (Undang-Undang Sisdiknas). Sinar Grafika. Jakarta.

Wiyono, Budi, 2003. Pengaruh Kebiasaan dan Lingkungan. Jurnal. Universitas Negeri Surabaya.

Published

2022-12-31

How to Cite

Azzikri, R., Ritongah, R. Y., & Sari, P. I. W. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. TARBIYAH: Journal of Educational Science and Teaching, 1(2), 79–87. https://doi.org/10.1342/tarbiyah.v1i2.38

Issue

Section

Artikel