Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Melalui Metode Card Short Siswa Kelas 4 SD
Keywords:
Meningkatkan minat baca siswa, Metode card short, Meningkatkan minat baca siswa melalui metode card shortAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kegiatan wali kelas yang diharapkan dapat melihat apakah pemanfaatan strategi card sort dapat meningkatkan minat membaca materi tentang keimanan terhadap kitab-kitab Allah pada siswa kelas IV. Model pembelajaran tersebut bertujuan untuk pembelajaran dinamis. Strategi eksplorasi yang digunakan adalah PTK dengan jenis pemeriksaan kuantitatif menggunakan kartu sortir, prosedur pengumpulan informasi menggunakan tes, persepsi dan dokumentasi. Subyek eksplorasi ini adalah siswa kelas 4 MI Nahjatul Faizin Kepohkencono Pucakwangi. Teknik penelitian kegiatan wali kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus mempunyai 4 tahap, khususnya tahap persiapan, pelaksanaan, persepsi dan refleksi. Fokus pada informasi hasil tes diperiksa dengan menggunakan skor akhir yang khas dalam pandangan penilaian. Seharusnya berhasil atau selesai jika mendapat skor di atas 70%. Hasil pemeriksaan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam menjemput sesuai korelasi perolehan informasi hasil dari Siklus I ke Siklus II. Pada siklus I derajat inspirasi pengguna masih rendah. Angkanya hanya 61%. Sementara itu, tindakan peserta didik pada siklus I memperoleh taraf sebesar 59%, pada tes pemenuhan dasar tradisional sebesar 35%. Kemudian akhirnya berkembang pada Siklus II untuk inspirasi membaca menjadi 77%, sedangkan untuk pergerakan siswa menjadi 76%. Kesimpulan dari pengujian ini adalah penggunaan strategi card sort dapat meningkatkan minat pemahaman siswa kelas 4 SD.
Article Metrics
Downloads
References
Hanifah, Erma Nur dan Taat Wulandari, 2018. Penggunaan Metode Card Sord Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII E SMP Negeri 1 Majalengka. JIPSINDO NO. 1 (5).1787
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nurochim, 2013. Perencanaan Pembelajaran Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Piskurich, G. M., Peter B., dan Brandon H. 2000. The ASTD Handbook of Training Design and Delivery. USA: Mc Graw-Hill Companies
Rusniasa, Ni Made, Nyoman Dantes, & Ni Ketut Suarni. 2021. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Pada Kelas IV SD Negeri 1 Penatih. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5 (1).
Silberman, M. L. 2014. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa cendekia
Walkin, L. 2022. Teaching and Learning in Furthher and Adult Education. United Kingdom: Nelson Thomas Ltd.
Warsono dan Hariyatno. 2013. Pemebelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Ade Qoyimah, Nur Alwasi'u Aisyah, Andika Pratama Sihite

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.