Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran

Penulis

  • Melisa Purba Mahasiswa STAI UISU Pematangsiantar
  • Ramadani Syafitri Mahasiswa STAI UISU Pematangsiantar
  • Rizki Nurzanah Mahasiswa STAI UISU Pematangsiantar

Kata Kunci:

Penelitian Tindakan Kelas, Guru, Urgensi

Abstrak

Penelitian tindakan kelas adalah pendekatan sistematis dan metodis yang dilakukan oleh pendidik di ruang kelas untuk meningkatkan pengalaman belajar secara keseluruhan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini berfungsi sebagai sarana bagi guru untuk secara aktif terlibat dalam pengembangan profesional dan meningkatkan praktik pengajaran mereka. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas mempunyai arti penting bagi para pendidik karena memungkinkan mereka untuk mengatasi dan menyelesaikan permasalahan pendidikan yang ada, sehingga memberikan kontribusi terhadap peningkatan sistem pendidikan di Indonesia. Artikel ini akan menyelidiki pentingnya melakukan penelitian tindakan kelas dan menyoroti peran pentingnya dalam mendorong pengajaran dan pembelajaran yang efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: Leukitaprio.

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.

Hopkins, D. A. (2010). Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadhelpia: Open University Press.

Joni T.R & Tisno. (2012). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).

Joni, R.T. (2011). Penelitian Tindakan Kelas: Beberapa Permasalahan. Bogor: PCP. PGSM Ditjen Dikti Depdikbud.

Madya, S. (2009). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Moloeng, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ni’mah, Z.A. (2017). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita dan Fakta. Realita, Vol 15 No 2, hlm 18.

Nurdin, S. & Usman, B. (2002). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputan Pers.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suwandi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Kadipiro.

Suyanto. (2002). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Refleksi Pengajaran. Malang: UNM Program Pascasarjana Prodi Bahasa.

Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005, Tetang Guru dan Dosen. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Purba, M., Syafitri, R., & Nurzanah, R. (2023). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. RAZIQ: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 88–96. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/index.php/raziq/article/view/69