Sosial Budaya dan Ekonomi di Negara Maju dan Negara Berkembang Dalam Kaitan Pendidikan

Penulis

  • Fatwa Anisa Jannah STAI UISU Pematangsiantar
  • Fani Kusumawati STAI UISU Pematangsiantar
  • Anggiani STAI UISU Pematangsiantar

Kata Kunci:

Ekonomi negara maju, Ekonomi negara berkembang, Sosial budaya negara maju dan berkembang

Abstrak

Penelitian ini membandingkan kondisi sosial-budaya dan ekonomi antara negara maju dan negara berkembang. Tujuan penelitian adalah untuk memahami perbedaan dalam kondisi sosial-budaya dan ekonomi di antara keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi negara maju dan negara berkembang berbeda, dengan negara maju memiliki kondisi yang rendah awalnya namun berkembang menjadi negara maju melalui kemajuan teknologi dan informasi. Sementara itu, negara berkembang cenderung memiliki kondisi yang lebih tinggi, seperti yang terlihat di Indonesia. Kondisi sosial-budaya di negara maju sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan informasi, sementara di negara berkembang, sebagian besar masyarakat masih mempertahankan nilai-nilai tradisional, yang kadang-kadang menghambat kemajuan. Secara ekonomi, negara maju menggunakan sarana dan prasarana modern untuk mengoptimalkan sumber daya alam, sementara negara berkembang lebih banyak bergantung pada sektor pertanian dengan penggunaan sarana tradisional dan pendapatan yang relatif rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dikti, Dikjen. (2001). Kapita Selekta Pendidikan Kewarganegaraan (untuk Mahasiswa bagian I & II). Jakarta: Dikjen Dikti.

Rappa, P. dan Zulkifry S. (2017). Ekonomi Pembangunan. Makassar: CV. Sah Media.

Safriadi, dkk. (2021). Teori dan Aplikasi Pendidikan Kewarganegaraan. Sumenep: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sunarso. (2011). Hukum Informasi dan Teknologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahban, M. Amsal. (2018). Kolaborasi Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang. Makassar: CV. Sah Media.

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Jannah, F. A., Kusumawati, F., & Anggiani. (2023). Sosial Budaya dan Ekonomi di Negara Maju dan Negara Berkembang Dalam Kaitan Pendidikan. RAZIQ: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 83–87. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/index.php/raziq/article/view/70