Upaya Peningkatan Hasil Belajar Alquran Hadis Pada Materi Keotentikan Alquran Melalui Pendekatan Saintifik

Penulis

  • Reza Noprial Lubis STAI "UISU" Pematangsiantar

Kata Kunci:

Pendekatan saintifik, Hasil belajar Alquran Hadis, Peningkatan hasil belajar materi keotentikan Alquran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunaan metode saintifik dalam pembelajaran. Rancangan penelitian ini adalah dengan menggunaan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunaan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Acton Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek yang diambil sebanyak 26 orang siswa kelas X-2 MAL UIN SU Medan Tahun Ajaran 2015/ 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Alquran Hadis materi keotentikan Alquran. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil belajar siswa yaitu persentase ketuntasan klasikal pada Pre-Test sebesar 11 siswa (42,30%), siklus I sebesar 18 siswa (69,23%) dan siklus II sebesar 22 siswa (84,61%).

Article Metrics

Abstract Views: 101
File Views: 39

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Y. 2014. Desain System Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arikunto, S. et al., 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Daryanto. 2013. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Grava Media.

Permendikbud. No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Unduhan

Diterbitkan

31-05-2022

Cara Mengutip

Lubis, R. N. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Alquran Hadis Pada Materi Keotentikan Alquran Melalui Pendekatan Saintifik. RAZIQ: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–8. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/index.php/raziq/article/view/75