Pola Pengembangan Kurikulum Yang Terintegral Dengan Ajaran Islam dan Sesuai Dengan Kemajuan Sains Modern dan Teknologi

Penulis

  • Sekar Harum STAI UISU Pematangsiantar
  • Destra Rafiq Afif Sinaga STAI UISU Pematangsiantar
  • Nur Fitrah Tapianna Sirait STAI UISU Pematangsiantar

Kata Kunci:

Pola pengembangan kurikulum, Kurikulum terintegrasi dengan ajaran Islam, Kemajuan sains modern

Abstrak

Teori integrasi kurikulum yang didasarkan pada kesadaran beragama Muslim merupakan fokus utama penelitian ini. Artikel ini menggunakan metode library research dengan menganalisis buku-buku terkait dan jurnal sistem pendidikan Eropa. Hasil penelitian menekankan pentingnya pengembangan kurikulum sebagai langkah awal, dengan konsep kurikulum terpadu yang mengintegrasikan konsep, keterampilan, dan mata pelajaran lintas disiplin. Cita-cita tauhid menjadi dasar intelektual dalam kerangka Islam dan ilmu pengetahuan, didukung oleh landasan hukum dari undang-undang pendidikan nasional, UUD 1945, dan Al-Quran. Tujuan pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan sains dan Islam adalah menciptakan hubungan kohesif dan bermakna antara kehidupan sehari-hari dan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran melibatkan pembuatan silabus, program tahunan, program semester, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Artikel ini berkontribusi pada pemahaman tentang integrasi kurikulum, mengaitkannya dengan sains dan nilai-nilai Islam, serta menyediakan dasar teoretis dan hukum untuk mendukung pembentukan kurikulum berbasis integrasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Majid, 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya

Abuddin Nata,2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Beni Ahmad Saebani,2009. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Muhaimin, 2008, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya

Nasution. 1995. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik, 2007. Dasar-Dasar Pengemangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosydakarta,

Rusman, 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press.

S.Nasution,1991. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Citra Adirya Bakti.

Syaifuddin Sabda, 2006. Model Kurikulum Terpadu IPTEK dan IMTAQ (Desain, Pengembangan & Implementasi). Ciputat: Ciputat Press Group.

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Harum, S., Sinaga, D. R. A., & Sirait, N. F. T. (2023). Pola Pengembangan Kurikulum Yang Terintegral Dengan Ajaran Islam dan Sesuai Dengan Kemajuan Sains Modern dan Teknologi. RAZIQ: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 97–101. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/index.php/raziq/article/view/79