Upaya Peningkatan Efektivitas Proses Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Kata Kunci:
Peningkatan efektivitas pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan agama Islam, Meningkatkan hasil belajar siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keefektifan proses belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIS Al-Ikhlas Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan dikelas IV-A dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitiaan ini menggunakan Penlitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 Siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi langsung dengan melakukan pengamatan saat kegiatan proses belajar berlangsung. Siklus I peneliti menggunakan metode berbasis kisah. Sesuai pengamatan yang dilakukan, metode kisah kurang cocok dalam proses belajar siswa yang efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehingga didapatkan nilai siswa kurang dari 75 sebanyak 14 orang dengan presentasinya 58% sedangkan siswa dengan nilai 75 atau lebih sebanyak 10 orang dengan presentasinya 42%. Dengan hal itu maka peneliti melanjutkan pada siklus II yaitu dengan mengubah metode belajar dengan menggunakan metode berbasis Audio dan Video. Pada tahap ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Dengan menggunakan metode ini siswa terlihat semakin fokus dalam proses pembelajaran, aktif dalam menjawab pertanyaan dan siswa terlihat tidak bosan saat guru menerangkan. Pada tahap ini siswa yang mendpatkan nilai 75 atau lebih yaitu sebanyak 21 orang dengan presentasinya 87,5% dan siswa yang mendapat nilai kurang dari 75 yaitu 3 orang yaitu 12,5%. Hal ini terlihat bahwa pada siklus I dan siklus II keefektifan proses belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan.
Article Metrics
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamaluddin & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Jakarta: Pusat Jakarta.
Lubis, R. N. (2022). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Syarif Ar-Rasyid Islamic School Medan Tahun Ajaran 2020-2021. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 12(1), 86-97.
Mualimin & RAH Cahyadi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan
Praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka.
Nurainiah. (2013). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal. Serambi Tarbawi, 01, 32.
Ramayulis dkk. (2011). Filsafat Pendidikan Islam, Cet. III. Jakarta: Kalam Mulia.
Sulaiman. (2017). Metodologi Pendidikan Agama Islam (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI). Banda Aceh: Yayasan PeNA.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fadillah, Friska Ayuni, Ronauli Yanti Ritonga
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.