Sistem Pendidikan Negara-Negara di Asia (India, Pakistan, Bangladesh, dan Maroko)

Penulis

  • Nurlatifah STAI UISU Pematangsiantar
  • Nurul Widiyah Lubis STAI UISU Pematangsiantar
  • Rindi Antika Sari Saragih STAI UISU Pematangsiantar

Kata Kunci:

Sistem Pendidikan, Sistem Pendidikan negara India, Sistem Pendidikan negara Maroko

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan tentang sistem pendidikan di Negara-negara asia (India, Pakistan, Bangladesh, dan Maroko). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pendidikan di India, Pakistan, Bangladesh, dan Maroko. Metode yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini, yaitu : (1) Struktur pendidikan di India sedikit berbeda dengan Indonesia dimana pendidikan dasarnya harus ditempuh 8 tahun, pendidikan menengah pertamanya (eandry school) dan pendidikan menengah atas (second secondary school) dilaksanakn 2 tahun dan dilaksanakan di sekolah yang sama dari kelas 1 hingga kelas 12; (2) Sistem pendidkan di Pakistan umumnya dibagi menjadi lima tingatan primary/primer (kelas 1 sampai 5), middle tengah (kelas 6 sampai 8), big menengah (9 dan 100, yang mengarah ke Sekolah Menengah, Certificare SSC), intermediule tinggi (kelas sebelas dan dun belas, yang mengarah ke Higher Secondary (Sekolah) Sertifikat atan HSC), program dan universitas terkemuka sarjana dan gelar sarjana; (3) Sistem pendididikan di Bangladesh adalah tiga berjenjang dan disubsidi. Subsidi pemerintah Bangladesh dilaksanaakn mulai dari sekolah di tingkat SD, Menengah dan Tinggi. Hal ini mensubsidi bagian dari pendanaaan bagi banyak sekolah swasta. Di sektor pendidikan tinggi; (4) Sistem pendidikan di Maroko terdiri dari tingkat pra-sekolah, dasar, menengah dan tersier. Pendidikan sekolah diawasi oleh Dapartemen Pendidikan Nasional, dengan devolusi yang cukup besar ke tingkat daerah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Suwardi Jerul Al Falah. V.XIV No.25 Tahun 2014.

Narjan, Kurikulum Pendidikan Sejarah di India, 2015. Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 4, No. 1

Thahir, Ajid, 2012, Saudi Kawasan Eminia lam: Perspektif Etno-Linguirik dan Geo Polin, Jakarta RajaGralindo Persada

Tint Maunal, 2011. Perbandingan Pendidikan Islam, Yogyakarta Teras Nur Aguiar, Syah, 2001, Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara, Perehit Bandung: Lubuk Agung.

Hayat Diyen, Reformasi pendidikan menengah di Maroko: Tantangan dan Prospek Prospek, volXXXIV.no.2, 2004

Maroko Academia | moroccodemia Inggris, Arab dan Prancis” , morokodemia, di peroleh 2019-10-08.

Panduan studi negara Maroko , IPB USA , 2006

Amr Hamdy, Survei TIK dan Pendidikan di Afrika : Laporan negara mesir . Tik dalam pendidikan di maroco, 2007

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Nurlatifah, Lubis, N. W., & Saragih, R. A. S. (2023). Sistem Pendidikan Negara-Negara di Asia (India, Pakistan, Bangladesh, dan Maroko). RAZIQ: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 119–125. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/index.php/raziq/article/view/86