Penggunaan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Siswa Dalam Pembelajaran

Penulis

  • Aldy Winata STAI UISU Pematangsiantar
  • Ummi Dearni Saragih STAI UISU Pematangsiantar
  • Sri Andika Sri Andika Tambunan STAI UISU

Kata Kunci:

Penelitian tindakan kelas, Penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, Penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu tindakan pemeriksaan yang pelaksanaan kegiatannya diselesaikan oleh pendidik di kelasnya untuk refleksi diri. Maksud dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah untuk menggarap sifat mendidik dan berpikir kritis bagi siswa, karena pembelajaran dan pertunjukan latihan di sekolah akan berjalan ideal dengan asumsi Seorang pendidik pada umumnya menyaring kemajuan siswanya dengan sengaja melalui persepsi, dorongan dan inspirasi. sehingga kapasitas mereka yang sebenarnya dapat berjalan dengan sukses dan efektif untuk mencapai tujuan instruktif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemmis, 1982. The Action Research Planner, 3rd. Victoria: Deaken University

Ningrum, E. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Buana Nusantara.

Azmi, N. (2014). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam meninggkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Nurja.

Ningrum. E. 2009. Kompetensi Profesional Guru dalam Konteks Strategi Pembelajaran. Bandung: Buana Nusantara

FX. Soedarsono. (2001). Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.

Ningrum, E. 2006. Mengembangkan Strategi Pembelajaran. Bandung: Buana Nusantara.

Ningrum, E. 2009. Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Nuansa Nusantara.

McNiff, D. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Buckingham: Open University Press.

Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Ditdikmenum.

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Winata, A., Saragih, U. D., & Sri Andika Tambunan, S. A. (2023). Penggunaan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Siswa Dalam Pembelajaran . RAZIQ: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 126–131. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/index.php/raziq/article/view/91