Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Keefektifan Proses Belajar Mengajar Pada Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Friska Ayuni STAI UISU PEMATANGSIANTAR
  • Hashilah Mumtaz STAI UISU PEMATANGSIANTAR

Kata Kunci:

Media pembelajaran, Keefektifan, Proses belajar mengajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap keefektifan proses belajar mengajar pada pendidikan agama islam kelas VIII di MTSS Istiqomah Karang Sari. Pengambilan populasi yaitu seluruh siswa-siswi kelas VIII yang berjumlah 34 orang dan pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik Non probability sampling. teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi dan kuesioner (angket) dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan untuk memperjelas hasil yang lebih kompleks menggunakan analisis inferensial adapun tahap analisis datanya dengan menguji keabsahan data yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan reliabilitas data, selanjutnya melakukan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan selanjutnya dilakukan uji Hipotesis. Maka didapatkan Hasil akhir uji hipotesis dengan menggunakan uji t dari penelitian ini dengan taraf signifikansi 0,05, diperoleh hasil t hitung 9,927 > t tabel 2,032. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap keefektifan proses belajar mengajar pada pendidikan agama islam kelas VIII di MTSS Istiqomah Karang Sari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Djamaluddin dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center

Gagne dan Briggs. 1979. Principles of Instructional design. New York: Holt

Rinehart and Winston.

Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: Pusat Jakarta

Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud

Raihan. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta

Ramayulis. 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Cet VII. Jakarta:

Kalam Mulia

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2023

Cara Mengutip

Ayuni, F., & Mumtaz, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Keefektifan Proses Belajar Mengajar Pada Pendidikan Agama Islam. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 122–128. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/article/view/32