Analisis Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 12 Gading

Penulis

  • Diana Nofita Sari Universitas Gunung Kidul
  • Ika Purnamasari Margarani Universitas Gunung Kidul
  • Rahmalia Addin Syahrani Universitas Gunung Kidul

Kata Kunci:

Kepemimpinan visioner kepala sekolah, Kinerja guru, Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru TK

Abstrak

This research aims to analyze the role of the school principal’s visionary leadership in improving teacher performance at Pertiwi 12 Gading Kindergarten. The method in this research is a qualitative approach to descriptive research design. Data collection was carried out through interviews, observation and documentation involving school principals and teacher. The research results show that the principal applies an effective visionary leadership style as a direction setter, change agent, spokesperson, and coach. The application of this visionary leadership has a positive impact on teacher performance through professional abilities, social abilities and personal abilities. Then, there are supporting factors that play a role in the success of visionary leadership, such as good communication with stakeholders, teachers’ desire to develop the school, parental support, professional development training, and adequate infrastructure. However, there are inhibiting factors such as limited human resources, budget shortages, excessive workload and lack of support from related parties.

Article Metrics

Abstract Views: 17
File Views: 15

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, N. (2023). Peran Strategi Kepala Madrasah Dalam optimalisasi Pembelajaran oleh Guru di MTs PAB 2Sampali Deli Serdang. Jurnal Islami, 3(1).

Bina, U., Getsempena, B., Aceh, B., Bina, U., Getsempena, B., Aceh, B., … Aceh, B. (2024). Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalamMeningkatkan Kenerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SD Negeri 2 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan. 5(4), 1047–1060.

Chyntia, C., & Tjahyanti, S. (2022). Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. X. Media Bisnis, 14(2), 115–126. https://doi.org/10.34208/mb.v14i2.1189

Dan, A., & Sosial, P. (2023). Jurnal Eksplorasi Teologi. 7(3), 86–97.

Efendi, M. N., & Winarsih, T. (2022). Analisis Peningkatan Kinerja Guru Pada Sekolah. 06(02), 1–13.

Fajar, A., & Nugraha, M. S. (2023). Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Mts Ylpi Ibaadurrahman Kota Sukabumi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 45–56. Retrieved from https://journal.unimaramni.ac.id/index.php/insdun/article/view/753/635

Fiandi, A., & Ilmi, D. (2022). Perumusan Visi Yang Visioner Dan Perumusan Misi Pendidikan Yang Ideal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 57–63. https://doi.org/10.34125/jmp.v7i2.786

Hidayah, B. (2024). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Huda Jombang. 3(1), 81–95.

Husna, L. U., Prasetya, B. P., III, A. K. T., Mangkubumen, J. D., Kraton, K., & Yogyakarta, K. (2024). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Mitra Sakti Boshe VVIP Club Yogyakarta. 2(2).

Indrati, B., Abdullah, T., & Retnowati, R. (2022). Meningkatkan Produktivitas Kerja Melalui Penguatan Kepemimpinan Visioner, Iklim Organisasi dan Kreatifitas. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, 5(2), 101. https://doi.org/10.32493/frkm.v5i2.19233

Juhari, A. (2022). Peranan Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura Supports Head Office Kemayoran Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(24), 610–615. https://doi.org/10.5281/zenodo.7495963

Kurniawati, L. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di SD Djama’ atul Ichwan Surakarta. 9(2), 131–140.

Lestari, S., Mulyanto, A., Gustami, B. A., &... (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Innovative: Journal Of, 3, 199–205. Retrieved from http://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/view/2152

Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.938

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Nurhalim, N., Saputra, M. Z. A., Ningsih, N. S., Amirullah, A., Musli, M., & Jamrizal, J. (2023). Konsep Kepemimpinan: Pengertian, Peran, Urgensi dan Profil Kepemimpinan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2071–2072.

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. 9(2), 1024–1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053

Saragih, E. F., Laili, H., Vanda, M. E., Siregar, M. R., Sagala, R. A. S., & Wasiyem, W. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar X di Kota Medan. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2419–2422. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3709

Sodik, M., & Husniyah, I. (2024). Strategi Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 1–12.

Tamaro, A., Ayu, F., Afridah, W., Setianto, B., & Rohmawati, R. (2022). Literature Review: Kontribusi Work-Life Balance Terhadap Kinerja Pekerja Di Sektor Pendidikan Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 971–978. Retrieved from http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM

Thamrin, J. R. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Pemkot Cimahi. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 3(1), 124–137. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.141

Widiastuti, R. Y., Atika, A. N., & Aisiyah, L. N. (2023). Model Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak Pada Masyarakat Pandhalungan Kabupaten Jember. 10, 37–48.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yusrina Ayu Setiani, Rheza Ray Farandy, & Moch. Isa Anshori. (2023). Kepemimpinan Dan Gaya Manajemen: Studi Literature. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(3), 238–255. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i3.804

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2024

Cara Mengutip

Sari, D. N., Margarani, I. P., & Syahrani, R. A. (2024). Analisis Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 12 Gading. TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 319–331. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/tarbiyah/article/view/165