Analisis Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi V Karangmojo

Penulis

  • Deviana Rizki Ardani Universitas Gunung Kidul
  • Agmya Putri Agustina Universitas Gunung Kidul
  • Aisyah Setya Ayu Universitas Gunung Kidul

Kata Kunci:

Kepemimpinan transformasional, Meningkatkan kinerja guru, Gaya kepemimpinan kepala sekolah

Abstrak

Leadership can be interpreted as a process of processing, empowerment and supervision that a leader applies to the person he leads. This research aims to determine the Transformational Leadership Style Of School Principals in Improving Teacher Performance at Pertiwi V Karangmojo Kindergarten. This research uses descriptive qualitative research methods, using direct observation, interviews and documentation. The research subjects were school principals and teachers. The results of research on Analysis of the Transformational Leadership Style of School Principals in Improving Teacher Performance at the Pertiwi V Karangmojo Kindergarten are good. Transformational leadership indicators are manifested in six components, namely; reformer, sets an example, encourages subordinate performance, acts on a value system, continuously improves abilities and is able to face complex problems. Teacher performance indicators are realized in three components, namely; the ability to prepare learning plans, the ability to carry out learning and the ability to carry out assessment of learning outcomes.

Article Metrics

Abstract Views: 24
File Views: 13

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, L., & Imaniyati, N. (2019). Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18012

Apriadi, D., Susena, K. C., & Irwanto, T. (2020). Analisis kinerja pegawai pada kantor Kesbangpol Kabupaten Kaur. BIMA Journal (Business, Management, & Accounting Journal), 1(2), 97–105.

Handayani, A. S., Nurlisa, K., & Mustafiyanti, M. (2023). Efektivitas dan peran guru dalam kurikulum merdeka belajar. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 319–330. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.766

Aulia, S., Zahran, W. S., & Star, Y. (2022). Efektivitas penerapan absensi finger print dalam meningkatkan disiplin pegawai di kantor kelurahan Bintara Jaya. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(5), 533–542.

Fadhilah, M. L. Z., Suryadi, S., & Abubakar, A. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap etos kerja guru dan staf. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 206–224. https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.34635

Hafitriani, S. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pedagogik guru serta implikasinya terhadap kinerja guru. Indonesian Journal of Digital Business, 1(1), 11–29. https://doi.org/10.17509/ijdb.v1i1.34383

Handayani, P., et al. (2023). Kepemimpinan transformasional. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(3), 84–101. https://doi.org/10.59581/jmkiwidyakarya.v1i3.695

Harefa, D., Kumpangpune, N., & Tumbelaka, R. E. (2021). Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam manajemen PAUD. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.51667/mjpkaud.v2i2.742

Istijarti, A. (2023). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 7(2), 164–175. https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n2.p164-175

Maharani, S. (2023). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah berbasis self-efficacy dalam meningkatkan kinerja guru MIN 12 Medan. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(1), 5–10. https://doi.org/10.47709/geci.v1i1.2322

Marliana, H., et al. (2023). Pengaruh kepemimpinan transformasional, kompetensi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah menengah umum. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(1), 248–259. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i1.667

Mulyani, N. M. H., & Wiarta, I. W. (2021). Kontribusi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 158. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32117

Munawir, M., Fitrianti, Y., & Anisa, E. N. (2022). Kinerja guru profesional sekolah dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 8. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6251

Musdalifah, M., Siraj, A., & Marjuni, M. (2020). Implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMA Negeri 1 Barru Kabupaten Barru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 143. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.15653

Oupen, S. M., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, disiplin kerja, dan motivasi kerja terhadap komitmen organisasional guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167

Pratama, T. A., Halim, A., & Heriyanto, Y. (2020). Analisis kinerja aparatur sipil negara di sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Cirebon. Jurnal Ilmiah Publika, 7(2), 90–98. https://doi.org/10.33603/publika.v7i2.4031

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2024

Cara Mengutip

Ardani, D. R., Agustina, A. P., & Ayu, A. S. (2024). Analisis Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi V Karangmojo. TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 332–343. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/tarbiyah/article/view/166