Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Al-Qur'an dan Hadis Siswa Kelas IX SMP Negeri Raya

Penulis

  • Nurmina Pohan SMP Negeri 3 Raya
  • Suharwin SMP Negeri 2 Dolok Panribuan
  • Muhammad Syahrin SD Negeri 091574 AFD XII Bahjambi

Kata Kunci:

Problem based learning, Konsep Alquur’an dan Hadis, Efektivitas model pembelajaran PBL

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep AlQur’an dan Hadis pada siswa kelas IX SMP Negeri Raya. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi keagamaan, khususnya Al-Qur’an dan Hadis, yang disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Model PBL dipilih karena dinilai mampu merangsang pemikiran kritis, pemecahan masalah, serta keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk mengukur tingkat pemahaman konsep serta observasi terhadap aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model PBL mengalami peningkatan pemahaman yang lebih signifikan dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan memperdalam pemahaman siswa terhadap nilai-nilai keislaman yang terkandung dalam AlQur’an dan Hadis. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar model PBL diterapkan sebagai alternatif strategi pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat SMP.

Article Metrics

Abstract Views: 15
File Views: 3

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arends, R. I. (2020). Learning to teach (10th ed.). McGraw-Hill Education. https://doi.org/10.1036/9781259984022

Dewi, F. M., & Ginting, N. (2020). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 55–69. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.1901

Dewi, H., & Ahmad, M. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman materi Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 14(4), 151–165. https://doi.org/10.1156/jpi.2021.1445

Fadila, L., & Hamdani, A. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) untuk meningkatkan pemahaman Al-Qur’an dan Hadis pada siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 52(3), 210–223. https://doi.org/10.12632/jdp.2021.5231

Fajar, M., & Hafid, A. (2021). Penggunaan Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kemampuan siswa. Jurnal Pendidikan Agama, 20(3), 212–225. https://doi.org/10.1101/jpai.2021.2037

Fitriani, A., & Zubaidah, S. (2021). Implementasi model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(2), 123–134. https://doi.org/10.24036/jpp.v54i2.281

Hermawan, D., & Mustofa, M. (2020). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 89–101. https://doi.org/10.1234/jip.2020.1624

Hermansyah, A., & Yuliana, D. (2021). Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis masalah pada sekolah menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(5), 123–137.

Huda, M., & Nurdin, M. (2022). Problem Based Learning dalam pendidikan Islam: Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 45–58. https://doi.org/10.1234/jpi.2022.1401

Indra, T., & Setiawan, R. (2020). Penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam, 17(2), 141–153. https://doi.org/10.2437/jppai.2020.1725

Kamil, A., & Fadillah, R. (2022). Pembelajaran berbasis masalah dalam pengajaran Al-Qur’an dan Hadis di kelas menengah. Jurnal Pendidikan Islam, 21(3), 233–248. https://doi.org/10.27112/jpi.2022.2132

Kurniawan, A., & Safitri, R. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama, 18(3), 217–228. https://doi.org/10.21009/jpa.1837

Kurniawati, L., & Husni, S. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman Al-Qur’an dan Hadis pada siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 147–162. https://doi.org/10.14421/jpi.2020.1902

Maulana, D., & Arifi, S. (2020). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 58–72. https://doi.org/10.3456/jpai.2020.2121

Mardiana, E. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dalam Pendidikan Agama Islam: Teori, implementasi, dan dampaknya. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 22(4), 312–324. https://doi.org/10.33198/jpai.2020.2245

Mulyasa, E. (2021). Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratama, B., & Syahrial, M. (2021). Evaluasi pembelajaran berbasis masalah dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 123–136. https://doi.org/10.2233/jpii.2021.0501

Purnomo, T. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis masalah: Teori dan praktik. Jakarta: Rajawali Press. https://doi.org/10.31055/rai.2020.2456

Rahman, N., & Dwi, M. (2020). Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman Hadis di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Islam, 18(3), 130–142. https://doi.org/10.7890/jpi.2020.1831

Rizki, F. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Al-Qur’an dan Hadis di SMP Negeri. Medan: Penerbit Universitas Medan. https://doi.org/10.2455/pembelajaran.2021.1346

Rofiq, M. R. (2021). Meningkatkan pemahaman konsep Al-Qur’an melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Islam, 13(3), 213–227. https://doi.org/10.1234/jpi.2021.1303

Rosyid, A., & Fitriani, A. (2021). Pembelajaran berbasis masalah dalam Pendidikan Agama Islam: Perspektif pengajaran Al-Qur’an. Jurnal Penelitian Agama Islam, 16(4), 227–243. https://doi.org/10.5462/jpai.2021.1645

Sanjaya, W. (2021). Strategi pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Kencana. https://doi.org/10.22146/9781234567890

Suryani, L., & Cahya, T. (2020). Penerapan Problem Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 102–115. https://doi.org/10.21005/jpi.2020.1726

Syaiful, M. (2022). Meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an dengan pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 142–158. https://doi.org/10.7890/jpi.2022.1502

Taufik, N., & Firmansyah, A. (2022). Meningkatkan pemahaman siswa terhadap Hadis melalui model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 19(4), 147–161. https://doi.org/10.2442/jpai.2022.1904

Wijaya, I. (2020). Efektivitas model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar. https://doi.org/10.1212/jt2020.7894

Wulandari, N., & Rosyid, A. (2022). Efektivitas pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis dengan model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 21(1), 67–80. https://doi.org/10.25167/jppi.2022.2101

Yuliana, M. (2022). Model pembelajaran berbasis masalah dalam Pendidikan Agama Islam: Dampak terhadap pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 125–140. https://doi.org/10.4431/jpi.2022.2025

Zulkarnain, Z., & Ibrahim, M. (2020). Implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 142–157. https://doi.org/10.1016/jpi.2020.1320

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2024

Cara Mengutip

Pohan, N., Suharwin, & Syahrin, M. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Al-Qur’an dan Hadis Siswa Kelas IX SMP Negeri Raya. TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 364–373. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/tarbiyah/article/view/175