Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Al-Qur'an dan Hadis Siswa Kelas IX SMP Negeri Raya
Kata Kunci:
Problem based learning, Konsep Alquur’an dan Hadis, Efektivitas model pembelajaran PBLAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep AlQur’an dan Hadis pada siswa kelas IX SMP Negeri Raya. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi keagamaan, khususnya Al-Qur’an dan Hadis, yang disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Model PBL dipilih karena dinilai mampu merangsang pemikiran kritis, pemecahan masalah, serta keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk mengukur tingkat pemahaman konsep serta observasi terhadap aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model PBL mengalami peningkatan pemahaman yang lebih signifikan dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan memperdalam pemahaman siswa terhadap nilai-nilai keislaman yang terkandung dalam AlQur’an dan Hadis. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar model PBL diterapkan sebagai alternatif strategi pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat SMP.
Article Metrics
Unduhan
Referensi
Arends, R. I. (2020). Learning to teach (10th ed.). McGraw-Hill Education. https://doi.org/10.1036/9781259984022
Dewi, F. M., & Ginting, N. (2020). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 55–69. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.1901
Dewi, H., & Ahmad, M. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman materi Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 14(4), 151–165. https://doi.org/10.1156/jpi.2021.1445
Fadila, L., & Hamdani, A. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) untuk meningkatkan pemahaman Al-Qur’an dan Hadis pada siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 52(3), 210–223. https://doi.org/10.12632/jdp.2021.5231
Fajar, M., & Hafid, A. (2021). Penggunaan Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kemampuan siswa. Jurnal Pendidikan Agama, 20(3), 212–225. https://doi.org/10.1101/jpai.2021.2037
Fitriani, A., & Zubaidah, S. (2021). Implementasi model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(2), 123–134. https://doi.org/10.24036/jpp.v54i2.281
Hermawan, D., & Mustofa, M. (2020). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 89–101. https://doi.org/10.1234/jip.2020.1624
Hermansyah, A., & Yuliana, D. (2021). Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis masalah pada sekolah menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(5), 123–137.
Huda, M., & Nurdin, M. (2022). Problem Based Learning dalam pendidikan Islam: Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 45–58. https://doi.org/10.1234/jpi.2022.1401
Indra, T., & Setiawan, R. (2020). Penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam, 17(2), 141–153. https://doi.org/10.2437/jppai.2020.1725
Kamil, A., & Fadillah, R. (2022). Pembelajaran berbasis masalah dalam pengajaran Al-Qur’an dan Hadis di kelas menengah. Jurnal Pendidikan Islam, 21(3), 233–248. https://doi.org/10.27112/jpi.2022.2132
Kurniawan, A., & Safitri, R. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama, 18(3), 217–228. https://doi.org/10.21009/jpa.1837
Kurniawati, L., & Husni, S. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman Al-Qur’an dan Hadis pada siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 147–162. https://doi.org/10.14421/jpi.2020.1902
Maulana, D., & Arifi, S. (2020). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 58–72. https://doi.org/10.3456/jpai.2020.2121
Mardiana, E. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dalam Pendidikan Agama Islam: Teori, implementasi, dan dampaknya. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 22(4), 312–324. https://doi.org/10.33198/jpai.2020.2245
Mulyasa, E. (2021). Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pratama, B., & Syahrial, M. (2021). Evaluasi pembelajaran berbasis masalah dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 123–136. https://doi.org/10.2233/jpii.2021.0501
Purnomo, T. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis masalah: Teori dan praktik. Jakarta: Rajawali Press. https://doi.org/10.31055/rai.2020.2456
Rahman, N., & Dwi, M. (2020). Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman Hadis di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Islam, 18(3), 130–142. https://doi.org/10.7890/jpi.2020.1831
Rizki, F. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Al-Qur’an dan Hadis di SMP Negeri. Medan: Penerbit Universitas Medan. https://doi.org/10.2455/pembelajaran.2021.1346
Rofiq, M. R. (2021). Meningkatkan pemahaman konsep Al-Qur’an melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Islam, 13(3), 213–227. https://doi.org/10.1234/jpi.2021.1303
Rosyid, A., & Fitriani, A. (2021). Pembelajaran berbasis masalah dalam Pendidikan Agama Islam: Perspektif pengajaran Al-Qur’an. Jurnal Penelitian Agama Islam, 16(4), 227–243. https://doi.org/10.5462/jpai.2021.1645
Sanjaya, W. (2021). Strategi pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Kencana. https://doi.org/10.22146/9781234567890
Suryani, L., & Cahya, T. (2020). Penerapan Problem Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 102–115. https://doi.org/10.21005/jpi.2020.1726
Syaiful, M. (2022). Meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an dengan pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 142–158. https://doi.org/10.7890/jpi.2022.1502
Taufik, N., & Firmansyah, A. (2022). Meningkatkan pemahaman siswa terhadap Hadis melalui model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 19(4), 147–161. https://doi.org/10.2442/jpai.2022.1904
Wijaya, I. (2020). Efektivitas model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar. https://doi.org/10.1212/jt2020.7894
Wulandari, N., & Rosyid, A. (2022). Efektivitas pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis dengan model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 21(1), 67–80. https://doi.org/10.25167/jppi.2022.2101
Yuliana, M. (2022). Model pembelajaran berbasis masalah dalam Pendidikan Agama Islam: Dampak terhadap pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 125–140. https://doi.org/10.4431/jpi.2022.2025
Zulkarnain, Z., & Ibrahim, M. (2020). Implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 142–157. https://doi.org/10.1016/jpi.2020.1320
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nurmina Pohan, Suharwin, Muhammad Syahrin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.