Hubungan Antara Kegiatan Kolase dengan Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Raudhatul Athfal

Penulis

  • Azka Fathimah STAI UISU Pematangsiantar
  • Mery STAI UISU Pematangsiantar
  • Dila STAI UISU Pematangsiantar

Kata Kunci:

Kegiatan Kolase Anak kelompok B, Kemampuan motorik anak kelompok B, Hubungan kolase dengan kemampuan motorik anak

Abstrak

Perkembangan merupakan kejadian yang telah melekat pada diri manusia sejak lahir hingga mati. Perkembangan di masa ini meliputi banyak aspek, diantaranya agama dan moral, bahasa, kognitif, sosioemosi, seni, dan fisik motorik. Perkembangan fisik motorik meliputi dua keterampilan yaitu, keterampilan motorik halus dan keterampilan motorik kasar. Perkembangan keterampilan motorik halus terjadi pada otot-otot kecil seperti area telapak tangan dan jari-jari. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mencari tahu mengenai hubungan antara kegiatan kolase dengan perkembangan kemampuan motorik halus anak. dengan fokus penelitian pada perkembangan keterampilan motorik halus anak yang ditunjukkan dengan kemampuan menggunting sesuai pola, menggenggam alat tulis dengan benar, serta menempel pada pola yang disediakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi atau hubungan. Populasi pada penelitian ini adalah 86 orang anak kelompok B RA Al Washliyah, dan sampelnya berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Pengambilan data dilaukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah hasil observasi penelitian, data rapor semester 2 dan informasi dari guru kelompok B, serta hasil karya kolase anak kelompok B. Perhitungan data penelitian dilaukan dengan menggunakan rumus korelasi Spearman Rank. Hasil yang didapat setelah melakukan perhitungan adalah, r hitung = 0,634. Dengan taraf signifikansi = 5% dan n = 15, r tabel = 0,525. Dapat ditarik kesimpulan bahwa r hitung > r tabel, (0,634 > 0,525), maka dapat diartikan bahwa ada hubungan antara kegiatan kolase dengan perkembangan kemampuan motorik anak kelompok B di RA Al Washliyah.

Article Metrics

Abstract Views: 106
File Views: 82

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Darmiatun, Siti dkk. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas. Padang; Universitas Negeri Padang. Vol 4 No 1

Dewi, E. S. I. 2015. Hubungan antara Penggunaan Metode Kolase dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini PAUD Nurussalam Sumberejo Ambulu Tahun 2015. Jember: Universitas Jember.

Khadijah, Nurul Amelia. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini; Teori dan Praktik. Jakarta; Kencana

Rahmawati, M. (2020). Pengaruh Kegiatan Bermain Kolase terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 tahun di TK Arni Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Jember: Universias Jember

Ramadhansyah, Rully. (2010) . Pengembangan Kreatifitas Seni Rupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Reswari, A. dkk. (2022). Perkembangan Fisik Motorik Anak. Pasaman: Azka Pustaka

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2022

Cara Mengutip

Fathimah, A., Nurmayanti, M., & Fadhilah, U. (2022). Hubungan Antara Kegiatan Kolase dengan Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Raudhatul Athfal. TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 88–93. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/tarbiyah/article/view/53