Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak
Kata Kunci:
Media Pop Up Book, Kemampuan membaca anak, Pengaruh media pop up terhadap kemampuan membacaAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan menggunakan media pop up book di RA Al- Qur’an Iqro’? (2)Bagaimana gambaran kecerdasan lingustik anak sebelum dan sesudah menggunakan media pop up book di RA Al- Qur’an Iqro’? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media pop up book terhadap kecerdasan linguistik anak? Tujuan penelitian yaitu(1)Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan menggunakan media pop up book di RA Al- Qur’an Iqro’ (2) Gambaran kecerdasan lingustik anak sebelum dan sesudah menggunakan media pop up book di RA Al- Qur’an Iqro’ (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop up book terhadap kemampuan membaca anak. Jenis penelitian yang digunakan disini adalah jenis penelitian pre-eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 21 anak dengan jumlah sampel 11 orang anak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan antara nilai Thitung<Ttabel dengan menggunakan nilai signifikan 0,05 maka diperoleh kesimpulan Ho ditolak. Artinya adalah penggunaan metode pembelajaran dengan menggunakan media pop up book memiliki pengaruh terhadap aspek perkembangan pada anak didik khususnya aspek perkembangan bahasa yaitu linguistik.
Article Metrics
Unduhan
Referensi
Conrado, 2014. "Multi-style Paper Pop-up Designsfrom 3D Models”. International Journal of Eurographics, 33 (2).
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Pedoman Pembelajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka cipta.
Nugraha, S Rizki. 2016. Media Pembelajaran buku pop up. Online. http://www.tintapendidikanindonesia.com/2016/07/media–pembelajaran-buku-pop-up.html. Diakses tanggal 6 Desember2018.
Satori, dkk. 2010. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2008. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Bandung: Alfabet
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Qurrota A'yuni, Halimah Tusa' Diyah Siallagan , Indah Wulandari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.