Peran Psikologi Komunikasi Dalam Membantu Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Mahasiswa
Kata Kunci:
Psikologi komunikasi, Kemampuan public speaking mahasiswa, Meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswaAbstrak
Penelitian ini tertuju pada mahasiswa bimbingan penyuluhan Islam UIN Syarif Hidayahtullah Jakarta, dengan sampel sebanyak 47 responden yang telah mempelajari mata kuliah psikologi komunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mata kuliah psikologi komunikasi pada mahasiswa bimbingan penyuluhan Islam dalam meningkatkan kemampuan public speaking. Metode pada penelitian ini ialah kuantitatif dengan survei yaitu dengan memberikan instrumen berupa sebanyak 10 pertanyaan yang diberikan melalui google form dan dibagikan dalam grup whatsapp kepada mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Communication Skills Theory. Hasil penelitian ialah psikologi komunikasi memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa. Pemahaman yang mendalam tentang proses komunikasi, pengelolaan kecemasan, penggunaan strategi komunikasi yang efektif.
Article Metrics
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Girsang, Lasmery. (2018). Public Speaking Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan PKM di SMA Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan. Vol.2, No.2. 81-85. p-ISSN: 2581-2718 e-ISSN: 2620-3480.
Pane, Irwani. (2013). Smart Trust Public Speaking: 34 Solusi Magicplus dalam Berpidato dan Presentasi. Edisi 1. Kencana. Jakarta
West, R., & Turner, L. H. (2010). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. McGraw-Hill Education.
DeVito, J. A. (2013). The Interpersonal Communication Book. Pearson.
Anggriani. (2022). Mengembangkan Keterampilan Berbicara dan Rasa Percaya Diri Melalui Public Speaking Bagi Anak Panti Asuhan Wisma Karya Bakti. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat E-ISSN: 2714-6286.
Dyah & Indri. (2020). Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Metode Pelatihan Anggota Forum Komunikasi Remaja Islam.
Tarsinih. (2021). Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Wiralodra di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi/vol 5/no 2. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/arti cle/download/6198/4294
Wiwik, Niluh. (2014). Peran Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik: Studi Kasus Proses Bimbingan Konseling di SMK Kesehatan Widya Dharma Bali. CALATHU: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 1 Nomor 1, Feburari 2019: 52 – 67.
ESQ Leadership Center. 2017. TOT Public Speaking Workbook. Jakarta: Menara 165
Kulsum,PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI PEMBELAJARAN, Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 01 Januari -Juni 2021. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii n/article/download/55/45
Christoper,PERANAN PSIKOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH, Jurnal Warta Edisi : 58 Oktober 2018| ISSN : 1829-7463. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/ju warta/article/download/391/384
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Faiza Nurhariza, Hanah, Nasichah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.