Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak
DOI:
https://doi.org/10.1342/tarbiyah.v1i2.58Keywords:
Media Pop Up Book, Kemampuan membaca anak, Pengaruh media pop up terhadap kemampuan membacaAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan menggunakan media pop up book di RA Al- Qur’an Iqro’? (2)Bagaimana gambaran kecerdasan lingustik anak sebelum dan sesudah menggunakan media pop up book di RA Al- Qur’an Iqro’? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media pop up book terhadap kecerdasan linguistik anak? Tujuan penelitian yaitu(1)Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan menggunakan media pop up book di RA Al- Qur’an Iqro’ (2) Gambaran kecerdasan lingustik anak sebelum dan sesudah menggunakan media pop up book di RA Al- Qur’an Iqro’ (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop up book terhadap kemampuan membaca anak. Jenis penelitian yang digunakan disini adalah jenis penelitian pre-eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 21 anak dengan jumlah sampel 11 orang anak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan antara nilai Thitung<Ttabel dengan menggunakan nilai signifikan 0,05 maka diperoleh kesimpulan Ho ditolak. Artinya adalah penggunaan metode pembelajaran dengan menggunakan media pop up book memiliki pengaruh terhadap aspek perkembangan pada anak didik khususnya aspek perkembangan bahasa yaitu linguistik.
Article Metrics
Downloads
References
Conrado, 2014. "Multi-style Paper Pop-up Designsfrom 3D Models”. International Journal of Eurographics, 33 (2).
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Pedoman Pembelajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka cipta.
Nugraha, S Rizki. 2016. Media Pembelajaran buku pop up. Online. http://www.tintapendidikanindonesia.com/2016/07/media–pembelajaran-buku-pop-up.html. Diakses tanggal 6 Desember2018.
Satori, dkk. 2010. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2008. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Bandung: Alfabet
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Qurrota A'yuni, Halimah Tusa' Diyah Siallagan , Indah Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.