Telaah Buku Guru dan Siswa Kurikulum Merdeka Belajar Tingkat SMA

Penulis

  • Indah Irawati STAI Panca Budi Perdagangan
  • Lidya Sartika STAI Panca Budi Perdagangan

DOI:

https://doi.org/10.1432/tarbiyah.v4i1.108

Kata Kunci:

Telaah buku guru, Buku guru dan siswa, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensi siswa sesuai minat dan bakatnya, serta materi yang diajarkan juga merupakan materi yang esensial. Kurikulum Merdeka akan mulai diimplementasikan pada tahun ajaran 2023/2024 untuk siswa baru jenjang SMA/SMK. Untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun dan menerbitkan buku panduan guru dan buku siswa untuk semua mata pelajaran. Buku-buku tersebut dapat diunduh secara gratis melalui internet. Telaah buku oleh guru dan siswa Kurikulum Merdeka bertujuan untuk mengkaji isi, struktur, dan mutu buku-buku tersebut dari berbagai aspek, seperti kesesuaian dengan standar kompetensi, relevansi dengan kebutuhan siswa, keterbacaan, keterpahaman, dan keterkaitan antarkonsep. Telaah ini juga memberikan saran dan rekomendasi untuk penyempurnaan buku-buku tersebut agar lebih efektif dan efisien dalam proses pembelajaran. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, satuan pendidikan, guru dan peserta didik dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Article Metrics

Abstract Views: 11
File Views: 1

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Djamaluddin, & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.

Fitria, N. (2023). Proses Komunikasi Intrapersonal untuk Meningkatkan Self-worth Setelah Mengalami Toxic Relationship Pada Perempuan Dewasa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1).

Gagne, & Briggs. (1979). Principles of Instructional Design. New York: Holt Rinehart and Winston.

Hidayat, R. (2022). Komunikasi Intrapersonal dalam Pengambilan Keputusan Prespektif Al-Qur'an. The Journal of Islamic Comunication and Broadcasting.

Ida, A., & Destiwati, R. (2022). Komunikasi Intrapersonal Remaja Putri Berjerawat dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Ilmu Komunikasi.

KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Pusat Jakarta.

Latuheru, J. (1988). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud.

Muri, Y. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Ramayulis. (2012). Metodologi Pendidikan Agama Islam, Cet VII. Jakarta: Kalam Mulia.

Saoqillah. (2022). Peranan Ilmu Komunikasi dalam Proses Pembentukan DIri Pada Mahasiswa KPI IUQI. At-Tawasul Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yolanda, W. (2021). Kepercayaan Diri dan Kesadaran Diri Terhadap Komunikasi Intrapersonal dan Pengembangan Karir. Jurnal Psikologi Kesehatan.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Diterbitkan

30-06-2025

Cara Mengutip

Irawati, I., & Sartika, L. (2025). Telaah Buku Guru dan Siswa Kurikulum Merdeka Belajar Tingkat SMA. TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 397–402. https://doi.org/10.1432/tarbiyah.v4i1.108

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama