The Role of Psychology in the Selection of Content & Learning Processes

Penulis

  • Assyifa Handayani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.1342/tarbiyah.v4i1.174

Kata Kunci:

Kurikulum, Landasan Psikologis, Implikasi Psikologis dalam Pembelajaran

Abstrak

Artikel ini menganalisis landasan kurikulum yang didasarkan pada psikologi perkembangan dan psikologi pembelajaran serta implikasinya masing-masing. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kajian pustaka atau penelitian kepustakaan. Di mana peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber perpustakaan, seperti buku, jurnal, artikel ilmiah, laporan penelitian seperti skripsi dan disertasi, serta sumber-sumber lain yang relevan dengan topik penelitian. Mahasiswa memiliki kompetensi yang unik di setiap fase psikologi perkembangan sehingga pendidik dan pengembang kurikulum dapat memberikan perlakuan yang sesuai dengan tahap perkembangan tersebut. Karena psikologi memiliki implikasi terhadap isi dan pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran. Sementara itu, Psikologi Pembelajaran, yang mencakup Behavioristik, Psikologi Kognitif, Konstruktivisme, Fenomenologi dan Humanisme, memiliki implikasi dalam menentukan metode pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik siswa, baik dari segi motivasi, minat, bakat maupun gaya belajar yang dimiliki. Maka artikel ini menyimpulkan bahwa kemauan literasi guru untuk menggali landasan psikologi perkembangan dan psikologi pembelajaran memengaruhi kemampuan mereka dalam merancang dan mengembangkan kurikulum yang mendalam dan pembelajaran yang bermakna.

Article Metrics

Abstract Views: 20
File Views: 8

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek (5th ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Jakarta: Pena Persada.

BSKAP. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar Kurikulum dan Asesmen.

Fauzan. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: GP Press.

Fauzan, & Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21 (1st ed.). Jakarta: PT Kencana.

Ginanto, D., Kesuma, A. T., Anggraena, Y., & Setiyowati, D. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen (Zulfikri, Wibowo M. Heru Iman, & N. R. A. S. Amalia, Eds.; Revisi ke-2). Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudrister.

Hadi, M. Y. (2022). The Foundation of Curriculum Renewal (Reviewing from Philosophical, Juridic, Historical, Sychological, Social and Cultural Aspects). Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi, 2(2). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i2.202

Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Hikmawati, F. (2020). Metode Penelitian (4th ed.). Jakarta: PT Rajawali Pers.

Kristiawan, M. (2020). Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. https://www.researchgate.net/publication/339527344

Lefudin. (2014). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Nazona. (2022). Implementasi Mastery Learning (Belajar Tuntas) untuk Mencapai Standar Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMAN 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3862–3870. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3463

Nurdin. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th ed.). Pearson.

Pramono, G. (2023, March 21). Kontruktivisme dalam Kurikulum Merdeka Belajar (KMB). Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar.

Priyanto. (2017). Landasan Psikologis Pengembangan Kurikulum PAI. Jurnal El-Hamra (Kependidikan Dan Kemasyarakatan), 2(1). 19-27. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/14

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.

Shishigu, A. (2015). Foundation of Curriculum in Ethiopia: Historical, Philosophical, Psychological and Sociological Perspectives. International Educational Conference of Bahir Dar University. URL: https://www.researchgate.net/publication/312294330_Foundation_of_Curriculum_in_Ethiopia_Historical_Philosophical_Psychological_and_Sociological_Perspectives

Steven, G. (1987). The Philosophical, Sociological, and Psychological Foundation of Curriculum. Educational Resources Information Center (ERIC).

Stone, M. K. (1985). Ralph W. Tyler’s Principles of Curriculum, Instruction and Evaluation: Past Influences and Present Effects [Loyola University]. https://ecommons.luc.edu/luc_diss/2382

Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

Suryaman, H. (2024). Teori Belajar. CV. Eureka Media Aksara.

Taba, H. (1962). Curriculum Development Theory and Practice (International Ed). Harcourt, Brace, & World, Inc.

Thanavathi, C., & Vimaleswary, T. (2017). Curriculum Design and Development. In Samyukdha Publications (Issue The Nature of Curriculum). https://www.researchgate.net/publication/337991547

Tim Pengembang MKDP. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Diterbitkan

30-06-2025

Cara Mengutip

Handayani, A. (2025). The Role of Psychology in the Selection of Content & Learning Processes. TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 374–383. https://doi.org/10.1342/tarbiyah.v4i1.174

Terbitan

Bagian

Artikel