Sistem Pendidikan di Indonesia dan Upaya Membangun Pendidikan Nasional Yang Berkualitas Bersinegeri Dengan Nilai Keislaman dan Pengetahuan Sains Modern Serta Kemajuan Teknologi

Penulis

  • Iqbal Fadli Mahasiswa STAI UISU Pematangsiantar
  • Annisa Fitri Mahasiswa STAI UISU Pematangsiantar

Kata Kunci:

Sistem Pendidikan di Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional, Sistem Pendidikan nasional berkualitas

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan tentang Sistem pendidikan di Indonesia telah dirancang dengan cukup baik, dapat dilihat dari unsur, asas dan tujuan yang dirumuskan serta ditetapkan. semuanya sudah mengarah kepada kebaikan yang sangat diharapkan oleh seluruh bangsa Indonesia. Namun, harapan bisa tidak terjadi karena fakta yang ada tidak sesuai dengan yang diharapkan, sebab pelaksanaan sistem pendidikan yang sudah dirancang dengan baik itu tidak dilaksanakan dengan maksimal. Kesemuanya hanya seperti perkataan saja, banyak ide tapi tidak banyak berbuat, maka ide tinggallah ide, hanya sebatas wacana saja. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional Dalam undang-undang secara tegas disebutkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945 yang artinya segala sesuatu yang berkaitan dengan pengaturan pendidikan dalam tataran praktis harus mengacu pada dua landasan tersebut. Memperbaiki pendidikan juga berarti harus memperbaiki sistem lain, seperti perekonomian dan kesejahteraan sosial seluruh warga Indonesia, PR besar ini harus diawali oleh kebijakan pada sistem dan dilaksanakan oleh seluruh warga sehingga dapat tercapai apa yang diinginkan, jika tidak maka akan sangat sulit untuk mencapai apa yang diinginkan karena hanya terus berpikir dan mementingkan kepentingan pribadi setiap pihak, sehingga apa yang seharusnya bisa dilakukan dengan mudah secara bersama dan memberi keuntungan hingga masa depan seluruh orang di Indonesia akan pupus begitu saja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Supriyanto. 1997. Jurnal Ilmu Pendidikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Daerah Diseminasi

Abdul, C. TT. Sekolah Unggul Konsepsi dan Problematikanya. MPA No.142, Juli. Bandung

Barry Al Dahlan M. 2001. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Arloka.

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.

Ihsan, F. 2008. Dasar Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Lubis, R. N. (2022). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Syarif Ar-Rasyid Islamic School Medan Tahun Ajaran 2020-2021. AL-IRSYAD: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 12(1), 86-97.

Puspita, W. 1997. Pengenbangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jilid 4, IKIP.

Rusdiana dan Zakiyah, Q.Y. 2014. Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Umaedi. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Direktur Pendidikan Menengah dan Umum.

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Fadli, I., & Fitri, A. (2023). Sistem Pendidikan di Indonesia dan Upaya Membangun Pendidikan Nasional Yang Berkualitas Bersinegeri Dengan Nilai Keislaman dan Pengetahuan Sains Modern Serta Kemajuan Teknologi. RAZIQ: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 168–173. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/index.php/raziq/article/view/99