Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kesehatan Mental Anak di SMA Muhammadiyah Parung

Penulis

  • Melia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatuallah Jakarta
  • Nasichah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatuallah Jakarta
  • Wanda Latifah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatuallah Jakarta
  • Ahmad Rizki Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatuallah Jakarta

Kata Kunci:

Peran pola asuh orang tua, Kesahatan mental, Kesehatan mental siswa

Abstrak

Penelitian ini digunakan untuk mengetauhi sejauh mana pola asuh orang tua dalam kesehatan mental yang dilakukan pada pelajar Sekolah Menengah Atas ( SMA). Pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka dan wawancara. Dengan jenis penelitian Kualitatif. Data yang diperoleh dari wawancara dan di analisis secara deskriptif. Semakin maju zaman banyak anak-anak yang kesehatan mentalnya terganggung dikarenakan kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya. Jadi saat ini di butuhkan peran pola asuh orang tua terhadap kesehatan anaknya karena sangat penting, maka dari itu orang tua perlu menerapkan kesehatan mental pada anak sehingga kesehatan mental pada anak anak menjadi baik. Peran pola asuh orang tua ini berbeda-beda dan sangat berpengaruh pada kesehatan mental anak. Dan anak berkebutuhan khusus haruslah memiliki pola asuh yang lebih baik yang dapat diwujudkan memalui penerapan peran pola asuh orang tua yang baik kepada anak. Derajat kesehatan mental anak di prioritaskan dalam perencanaan atau penataan bangunan bangsa. Salah satu penyebab anak menalami kondisi mental yang buruk adalah pola asuh orang tua yang tidak sesuai dengan usia kebutuhan anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, R., & Hamid, A. (2020). Adiksi Smartphone, Kesehatan Mental Anak, dan Peranan Pola Asuh. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 221-240.

Badaruddin, A., Erlamsyah, E., & Said, A. (2016). Hubungan Kesehatan Mental Dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 5(1), 50-65.

Donelson, E. (1990). Women: A Psychological Perspective. TP: Inc.

Drajat, Z. (1970). Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

Pratiwi, I. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi, 1(1), 15.

Putri, A., Wibhawa, B., & Gutama, A. (2015). Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia (Pengetahuan dan Ketrampilan Masyarakat Terhadap Gangguan Kesehatan Mental). Jurnal Rosiding Penelitian Dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 147-300.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Kota.

Zainuren. (2014). Peran Orangtua Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Anak. Jurnal UNILA, 16-17.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023

Cara Mengutip

Melia, Nasichah, Latifah , W., & Rizki, A. (2023). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kesehatan Mental Anak di SMA Muhammadiyah Parung . Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 178–187. Diambil dari https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/article/view/130