Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Peserta Didik
Kata Kunci:
Membentuk karakter jujur, Peran PAI dalam membentuk karakter Jujur, Membentuk karakter jujur peserta didikAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengukur sikap kejujuran pada setiap siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 091255 Batu VIII Nagori Dolok Hataran Kec. Siantar Kab. Simalungun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sample pada penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 091255 Batu VIII Nagori Dolok Hataran Kec. Siantar Kab. Simalungun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, ini dilakukan oleh peneliti dengan meninjau langsung kelapangan sebagai objek penelitian untuk memperoleh data, kemudian peneliti memberikan kuesioner. Dari hasil data yang diperoleh jumlah rata-rata sikap kejujuran siswa di kelas V sebesar 81.25, jumlah yang cukup besar yang berarti memberikan kesimpulan bahwa sikap jujur yang dimiliki siswa cukup baik. Hal ini tidak terlepas dari peran pendidikan agama islam yang selalu membentuk dan mengrahkan peserta didik dalam keseharian mereka, peran pendidikan baik di sekolah, keluarga maupun di lingkungan masyarakat menjadi faktor yang mendukung didalam pembinaan karakter jujur terhadap peserta didik.
Article Metrics
Unduhan
Referensi
Al-Syaibani. M. A. 1979. Falasafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang
Anwar, S. 2016. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Astuti, Siti Irene, Widyastuti Purbarini.2011. Peran Sekolah dalam Pendidikan Karakter dengan Pengembangan Model Pembelajaran Holistik dan Kontekstual. Penelitian Hibah UNY
Darmiatun, Suryati dan Daryabto. 2013. Implementasi Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Gava Media
Fadillah, dkk, 2021. Pendidikan Karakter, Bojonegoro : Cv. Agrapana Media
Hamdanah, 2017. Bunga Rampai Ilmu Pendidikan Agama Islam, Palangka Raya: Pustaka Buana
Kesuma dkk. 2012, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Marimba, Ahmad D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung Al-Ma’arif
Mustari, 2015. Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo
Ningsih, T. 2019. Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madrasah Tsanawiyah 1 Banyumas. Insania
Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta. Deepublish Publisher
Rusman. 2020. Pembelajaran Berbasis Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada
Sada, H. J . 2017. Peran Masyarakat dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam
Saebani, B. A dan Hamdani Hamid. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Pustaka Setia
Sanjaya, Wina. 2019. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana,
Sofyan, dkk, 2018. Implementasi Pendidikan Karakter, Surabaya : CV. Jakad Publishing Surabaya
Sudirman, A. M, 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja. Grafindo Persada
Suwardani, N. P. 2020. Quo Vadis Pendidikan Karakter : dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermatabat, Denpasar : UNHI Press
T. Ningsih. 2019 Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madrasah Tsanawiyah 1 Banyumas. Insania
Wibowo, Agus, 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winataputra. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pesrpesktif 13 Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa: Gagasan, Instrumental, dan Praksis. Widya Aksara Press
Bukhar,.Umar. 2010 Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah
Ramayulis,1994. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Muhammad Naquib Al-Attas, Muhammad Naquib. 1992. Konsep Pendidikan dalam Islam, Bandung: Mizan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nurul Aini Hadianto, Ririn Syahru Sinaga, Sofiyyah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.