Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar PAI

Authors

  • Indah Nur Fazriah STAI "UISU" Pematang Siantar
  • Shafira Anggraini STAI "UISU" Pematang Siantar
  • Putri Insani STAI "UISU" Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.1342/tarbiyah.v2i1.30

Keywords:

Lingkungan sekolah, Pembelajaran PAI, Lingkungan sekolah terhadap pembelajaran PAI

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang secara sistematis menyelenggarakan program pengajaran, bimbingan dan pelatihan belajar dalam rangka membantu siswa agar dapat mengembangkan potensinya secara lebih optimal, baik itu menyangkut aspel moral spritual, intelektual, emosional, sosial, dan fisik motorik. Seperti lingkungan keluarga, demikian pula dengan sekolah. Pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar siswa di sekolah cukup besar, dikarenakan sekolah adalah tempat lingkungan sosial kedua setelah keluarga yang dikenal oleh siswa. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Al-Washliyah Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun Tahun Pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah desain expost facto dimana expost facto menunjukkan perlakuan atau termasuk variabel x (variabel bebas) yang telah terjadi sebelumnya sehingga peneliti tidak perlu memberikan perlakuan lagi, lihat saja pengaruhnya terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat diketahui nilai koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0,489. Dan untuk mengetahui apakah hipotesis mayor diterima atau ditolak, maka harga dihitung dibandingkan dengan r tabel. Dari hasil perbandingan dengan r hitung dengan taraf signifikansi 5% dengan jumlah responden 20 orang diperoleh hasil r tabel adalah 0,444 sedangkan Rxy adalah 0,489. Dari hasil perbandingan ternyata rtabel berarti > hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hipotesis kerja yang diterima adalah “Ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Al-Washliyah Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun Tahun Pelajaran 2022/2023”. Dan setelah dikonsultasikan dengan tabel interprestasi koefisien korelasi diketahui bahwa nilai 0,489 terletak + 0,41 sampai + 0,60 yang berarti tingkat pengaruhnya sedang. Hasil penelitian ini juga sesuai dengan tujuan yang diinginkan , dan berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar PAI pada siswa kelas V di SD Al-Washliyah Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun Tahun Pelajaran 2022/2023.

Article Metrics

Abstract Views: 237
File Views: 224

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalyono, 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Kadir, Abdul, 2014. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Teras

Nasution, S. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2011. Dadar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, Syaoduh, Nana. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Published

2023-06-30

How to Cite

Nur Fazriah, I., Anggraini, S., & Insani, P. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar PAI. TARBIYAH: Journal of Educational Science and Teaching, 2(1), 117–121. https://doi.org/10.1342/tarbiyah.v2i1.30

Issue

Section

Artikel