Pengaruh Perkembangan Teknologi Internet Terhadap Minat Belajar Siswa
Kata Kunci:
Perkembangan Teknologi Internet, Pengaruh Internet terhadap perkembangan siswa, Perkembangan siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas instrumen yang digunakan dalam variabel penelitian. Hasil analisis data primer menunjukkan bahwa instrumen-instrumen yang digunakan telah diuji dengan membandingkan nilai Rhitung dengan Rtabel. Uji validitas menggunakan program SPSS versi 16 menunjukkan bahwa pertanyaan kuesioner terkait kemajuan teknologi internet dan rendahnya minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Jorlang Hataran dianggap valid dan cocok untuk dianalisis menggunakan regresi linier sederhana.
Selanjutnya, dilakukan uji reliabilitas menggunakan metode alpha Cronbach. Variabel kemajuan teknologi internet dan rendahnya minat belajar siswa dalam penelitian ini memiliki tingkat reliabilitas yang baik dengan nilai alpha Cronbach masing-masing sebesar 0,786 dan 0,837.
Analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kemajuan teknologi internet dan rendahnya minat belajar siswa. Persamaan regresi linear sederhana yang diperoleh adalah Y = -1,015 + 1,532X + e, dengan Y sebagai rendahnya minat belajar siswa, X sebagai kemajuan teknologi internet, dan e sebagai kesalahan pengukuran. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 10,525 lebih besar dari t tabel (1,713), serta nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,821 atau 82,1 persen.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemajuan teknologi internet memiliki dampak yang signifikan terhadap rendahnya minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Jorlang Hataran.
Unduhan
Referensi
Ahmadi, Abu & Nuruhbiyati. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Salim, Peter & Yenny Salim. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press
Anwar, Abu. 2007. Media Pembelajaran. Pekanbaru: Suska Press
Isjoni. 2005. Mendayagunakan Teknologi Pengajaran. Pekanbaru: Unri Press
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Juwita Hanum, Azura Afiyah Arief Silalahi, Gilang Mahardhika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.