Kendala Mahasiswa dalam Mengakses Literatur Islami Digital untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Studi Eksploratif di STAI UISU Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.1432/tarbiyah.v4i1.195Kata Kunci:
Literatur Islami digital, Literasi digital, Mahasiswa STAI UISU PematangsiantarAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kendala mahasiswa STAI UISU Pematangsiantar dalam mengakses literatur Islami digital untuk penyusunan karya ilmiah. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen, penelitian ini menemukan empat kategori utama kendala: aksesibilitas, literasi digital, ketersediaan literatur, serta motivasi dan persepsi. Hambatan aksesibilitas meliputi keterbatasan jaringan internet, perangkat, serta tingginya biaya kuota. Literasi digital mahasiswa masih rendah, terutama pada keterampilan pencarian sumber kredibel, pemanfaatan database akademik, dan penggunaan aplikasi pengelola referensi. Dari sisi ketersediaan, literatur Islami digital yang relevan masih terbatas, sementara repository kampus belum tersedia secara online. Meski motivasi mahasiswa relatif tinggi, persepsi pragmatis dan keterbatasan dukungan kelembagaan membuat mereka kerap bergantung pada sumber terbuka yang kurang terjamin validitasnya. Penelitian ini menegaskan bahwa kendala yang dihadapi mahasiswa bersifat multidimensional, mencakup aspek teknis, finansial, linguistik, dan struktural. Temuan ini diharapkan menjadi dasar bagi penguatan kebijakan dan fasilitas literasi digital Islami di STAI UISU Pematangsiantar.
Article Metrics
Unduhan
Referensi
Alhail, H., & Haryono, S. (2025). Digital Lighting Innovation-Dupi Indonesia. Visual Heritage, 6(1), 72–88
Ali, K.S., Mamdapur, G. M. N., Kaddipujar, M. D., Hadimani, M. B., & Senel, E. (n.d.). A Scientometric analysis of Journal of Agronomy and Crop Science (2000 -2019) indexed in Web of Science. DigitalCommons@University of Nebraska - Lincoln. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/4410/
Aprianti, F., Sari, H., Rodiah, N., & Hawariah, A. (2024). Analisis Literasi Digital dan Kesiapan Dakwah Digital Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Makassar. SETYAKI Jurnal Studi Keagamaan Islam, 2(3), 64–77. https://doi.org/10.59966/setyaki.v2i3.1470
Elsyam, S.F., & Haj., H.S., (2024). Implementasi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 1533–1544. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1078
Fatkhiyah, N., et al. (2025). Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 8(4), 47-56. Retrieved from https://edu.ojs.co.id/index.php/jpm/article/view/851
Fikri, S.M., (2025) Inovasi Smart Transportasi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Lalu Lintas Melalui Area Traffic Control System (ATCS) (Studi di Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur). Diploma Thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Retrieved from http://eprints.ipdn.ac.id/23766/
Hakiki, M. M. (2024). Reinterpretasi Sejarah Islam di Era Digital. Proceedings Konmaspi, UINSA. hlm. 17. https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/konmaspi/article/view/2520
Handayani, T. E., Nisa, A.F., Wijayanto, Z. (2025). Implementasi Project Based Learning Melalui Proyek Eksplorasi Tumbuhan di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional UST, 4(2), 101–117. Retrieved from https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/3412
Hasan, N. (2023). Islamic Higher Education in the Digital Age: Challenges and Prospects. Journal of Islamic Education Research, 9(2), 102–120, diakses dari https://jier.org/article/view/1220
Hasibuan, A. D. (2021). Literasi Digital Mahasiswa BKPI FITK UIN Sumatera Utara Medan Tahun 2021. Edu Global Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 42–48. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v2i1.445
Ibrahim, R., & Sulaiman, N. (2022). Evaluating Islamic Online Resources for Academic Purposes. Asian Journal of Information Studies, 15(1), 67–84 https://ajis.org/article/view/2154
Pratama, S., Ashari, M., Zulkarnain, S. A. B., & Sabrina, E. (2025). Pentingnya Literasi Digital dalam Dunia Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 6(2), 554-561. https://journal.al-matani.com/index.php/jkip/article/view/1388
Ramadoan, S., Firman, F., & Sahrul, S. (2025). Structural Transformation and Capacity Strengthening of the Apparatus: A Critical Review of Bureaucratic Reform at the Department of Cooperatives, Industry, and Trade, Bima City. Jurnal SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(3), 403–411. Retrieved from https://www.jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/704
Scharbrodt, O. (2020). Awḥad al-Dīn Kirmānī and The Controversy of the Sufi Gaze by Lloyd Ridgeon. Journal of Islamic Studies, 31(3), 393–496. https://doi.org/10.1093/jis/etaa020
Yudhiantara, R. A., & Martitia, D. (2023). Literasi Digital Mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Perspektif, 7(2), 117. https://doi.org/10.15575/jp.v7i2.225
Yusof, A. M., & Rahman, N. (2021). Digital Literacy Among Islamic Studies Students. International Journal of Education, 13(4), 211–228
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nur Hidayati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.