Kendala Mahasiswa dalam Mengakses Literatur Islami Digital untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Studi Eksploratif di STAI UISU Pematangsiantar

Penulis

  • Nur Hidayati STAI UISU Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.1432/tarbiyah.v4i1.195

Kata Kunci:

Literatur Islami digital, Literasi digital, Mahasiswa STAI UISU Pematangsiantar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kendala mahasiswa STAI UISU Pematangsiantar dalam mengakses literatur Islami digital untuk penyusunan karya ilmiah. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen, penelitian ini menemukan empat kategori utama kendala: aksesibilitas, literasi digital, ketersediaan literatur, serta motivasi dan persepsi. Hambatan aksesibilitas meliputi keterbatasan jaringan internet, perangkat, serta tingginya biaya kuota. Literasi digital mahasiswa masih rendah, terutama pada keterampilan pencarian sumber kredibel, pemanfaatan database akademik, dan penggunaan aplikasi pengelola referensi. Dari sisi ketersediaan, literatur Islami digital yang relevan masih terbatas, sementara repository kampus belum tersedia secara online. Meski motivasi mahasiswa relatif tinggi, persepsi pragmatis dan keterbatasan dukungan kelembagaan membuat mereka kerap bergantung pada sumber terbuka yang kurang terjamin validitasnya. Penelitian ini menegaskan bahwa kendala yang dihadapi mahasiswa bersifat multidimensional, mencakup aspek teknis, finansial, linguistik, dan struktural. Temuan ini diharapkan menjadi dasar bagi penguatan kebijakan dan fasilitas literasi digital Islami di STAI UISU Pematangsiantar.

Article Metrics

Abstract Views: 28
File Views: 16

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alhail, H., & Haryono, S. (2025). Digital Lighting Innovation-Dupi Indonesia. Visual Heritage, 6(1), 72–88

Ali, K.S., Mamdapur, G. M. N., Kaddipujar, M. D., Hadimani, M. B., & Senel, E. (n.d.). A Scientometric analysis of Journal of Agronomy and Crop Science (2000 -2019) indexed in Web of Science. DigitalCommons@University of Nebraska - Lincoln. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/4410/

Aprianti, F., Sari, H., Rodiah, N., & Hawariah, A. (2024). Analisis Literasi Digital dan Kesiapan Dakwah Digital Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Makassar. SETYAKI Jurnal Studi Keagamaan Islam, 2(3), 64–77. https://doi.org/10.59966/setyaki.v2i3.1470

Elsyam, S.F., & Haj., H.S., (2024). Implementasi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 1533–1544. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1078

Fatkhiyah, N., et al. (2025). Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 8(4), 47-56. Retrieved from https://edu.ojs.co.id/index.php/jpm/article/view/851

Fikri, S.M., (2025) Inovasi Smart Transportasi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Lalu Lintas Melalui Area Traffic Control System (ATCS) (Studi di Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur). Diploma Thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Retrieved from http://eprints.ipdn.ac.id/23766/

Hakiki, M. M. (2024). Reinterpretasi Sejarah Islam di Era Digital. Proceedings Konmaspi, UINSA. hlm. 17. https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/konmaspi/article/view/2520

Handayani, T. E., Nisa, A.F., Wijayanto, Z. (2025). Implementasi Project Based Learning Melalui Proyek Eksplorasi Tumbuhan di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional UST, 4(2), 101–117. Retrieved from https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/3412

Hasan, N. (2023). Islamic Higher Education in the Digital Age: Challenges and Prospects. Journal of Islamic Education Research, 9(2), 102–120, diakses dari https://jier.org/article/view/1220

Hasibuan, A. D. (2021). Literasi Digital Mahasiswa BKPI FITK UIN Sumatera Utara Medan Tahun 2021. Edu Global Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 42–48. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v2i1.445

Ibrahim, R., & Sulaiman, N. (2022). Evaluating Islamic Online Resources for Academic Purposes. Asian Journal of Information Studies, 15(1), 67–84 https://ajis.org/article/view/2154

Pratama, S., Ashari, M., Zulkarnain, S. A. B., & Sabrina, E. (2025). Pentingnya Literasi Digital dalam Dunia Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 6(2), 554-561. https://journal.al-matani.com/index.php/jkip/article/view/1388

Ramadoan, S., Firman, F., & Sahrul, S. (2025). Structural Transformation and Capacity Strengthening of the Apparatus: A Critical Review of Bureaucratic Reform at the Department of Cooperatives, Industry, and Trade, Bima City. Jurnal SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(3), 403–411. Retrieved from https://www.jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/704

Scharbrodt, O. (2020). Awḥad al-Dīn Kirmānī and The Controversy of the Sufi Gaze by Lloyd Ridgeon. Journal of Islamic Studies, 31(3), 393–496. https://doi.org/10.1093/jis/etaa020

Yudhiantara, R. A., & Martitia, D. (2023). Literasi Digital Mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Perspektif, 7(2), 117. https://doi.org/10.15575/jp.v7i2.225

Yusof, A. M., & Rahman, N. (2021). Digital Literacy Among Islamic Studies Students. International Journal of Education, 13(4), 211–228

Diterbitkan

30-06-2025

Cara Mengutip

Hidayati, N. (2025). Kendala Mahasiswa dalam Mengakses Literatur Islami Digital untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Studi Eksploratif di STAI UISU Pematangsiantar. TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 403–410. https://doi.org/10.1432/tarbiyah.v4i1.195

Terbitan

Bagian

Artikel